bersama Vincent Kristiagung. .

Dapat uang dengan menyediakan space iklan

with 4 comments
Iklan oh iklan. Iklan emang enggak ada matinya, Ya, iklan merupakan bagian kecil promotion trick favorit para pelaku bisnis karena kekuatanya yang mampu meledakan penjualan produk/ jasa dengan instan. Akibatnya, tarif pemasangan iklan pun semakin meroket tajam. Sekarang iklan lebih dianggap sebuah investasi dari pada pengeluaran.




Siapakah yang diuntungkan dengan adannya iklan? Tentu saja semua orang. Para pelaku bisnis di untungkan dengan penjualan produk/jasanya yang terus meningkat, biro iklan mendapatkan pekerjaan karena banyaknya para pelaku bisnis yang menggunakan jasanya untuk membuat iklan, media diuntungkan karena mendapat pemasukan “dana segar” dari para pengiklan, dan konsumen pun diuntungkan karena mendapatkan banyak informasi tentang berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan (meskipun terkadang banyak iklan yang menyesatkan -_-").

Apa yang terjadi tanpa adanya iklan? Jangan harap lagi Anda bisa menonton TV dengan gratis, membaca koran atau majalah dengan biaya yang murah (Coba saja anda cetak sendiri dengan print kertas art paper ukuran A4 full colour dengan uang Rp.25.000,-? dapat berapa lembar? 5, 6, 7 atau 8 lembar? Bandingkan dengan anda membeli Majalah yang tebal lengkap dengan informasi yang anda dapatkan?), naik kendaraan dengan jalan yang halus dan beraspal, (karena salah satu pemasukan pemkot adalah dari pajak iklan), menikmati subsidi dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara kita ikut ambil bagian dalam periklanan tersebut?
Sederhana. Jadilah pemilik media yang yang menyediakan space iklan. Sebagai pebisnis online tentu ini adalah hal yang mudah. Cukup dengan blog gratisan seperti Blogspot dan Wordpress self hosting kita sudah mempunyai media yang bisa dipasangi iklan!

Oke, langsung saja. Saya anggap Anda sudah mempunyai website/blog semua. Ada dua metode yang sering digunakan oleh pebisnis online untuk mendatangkan para pengiklan yang mau membayar anda untuk memasangkan iklanya di website atau blog anda.
 
1. Cara Manual.

Buat banner berformat gif atau berupa teks html di sidebar, akhir posting, atau setelah judul posting di blog yang bertuliskan “Klik disini untuk memasang iklan ” yang mengarahkan link menuju halaman tata cara pemasangan iklan. Di halaman tersebut anda bisa memberikan keterangan yang lebih spesifik tentang tarif iklan tersebut.

Misalnya banner di sidebar ukuran 2 x 2 cm harganya Rp 10.000,- per bulan, di akhir posting ukuran 4 x 5 cm harganya Rp 20.000,- per bulan, iklan teks di sidebar Rp.2.000,- per bulan dsb. Anda juga harus memberikan keterangan tentang tata cara transfer uang dan pengiriman design banner. Mungkin anda bisa mematok biaya lebih jika design bannernya anda yang buat. Untuk harga bisa disesuaikan dengan jumlah pengunjung website anda sendiri. Jika mempunyai Visitor lebih dari 1000 visitor per hari, mungkin harganya iklan anda bisa mencapai ratusan ribu per bulan :)

Kelemahan cara manual adalah hanya website yang berpagerank tinggi dan mempunyai banyak visitorlah yang bisa menggunakan cara ini. Silahkan tanya kepada diri anda sendiri. Apakah anda mau mengiklankan di website yang visitornya hanya 10 orang per hari?

2. Ikut progam bisnis PPC (Pay Per Click)

Cara ini tergolong lebih mudah dan sederhana dari pada cara manual. Tahukah anda tentang Google Adsense? Itu lho progam periklanan milik google? Banyak para top internet marketer kelas dunia yang mampu meraup ribuan dollar per hari! Kenapa bisa begitu?

Logikanya sederhana. Ada pelaku bisnis yang mengiklankan di google. Kemudian google membuat progam periklanan bernama Google Adsense yang menawarkan kepada membernya untuk menampilkan iklan-iklan dari pelaku bisnis yang mengiklankan di google dengan komisi bagi hasil. Jadi kita akan diberi semacam Javascript yang bisa ditaruh di widget blog, kemudian akan muncul iklan secara otomatis sesuai tema blog Anda (agar tepat sasaran ke target marketing). Disamping itu, google juga akan menayangkan iklan-iklanya di SERP jika ada pengiklan yang ingin memasang iklan di keyword-keyword tertentu. Sekarang Anda bisa membayangkan betapa kayanya google! Berapa jumlah keyword yang ada di seluruh dunia?

Sistem ini sangat unik. Itulah mengapa progam ini bernama Pay per Click. Pengiklan HANYA membayar google jika terjadi klik masuk ke website pengiklan. Begitu juga dengan Anda. Anda HANYA dibayar jika link iklan yang anda tampilkan di klik orang lain. Anda akan dibayar google, google mendapat uang dari pengiklan. Ok, agar lebih sederhana mari kita uraikan.

Pengiklan membayar ke google tiap klik yang masuk menuju websitenya Rp 500,- > Google Adsense membayar membernya Rp.300,- tiap klik yang masuk ke website pengiklan tersebut > Pengiklan mendapatkan penjualan. Jadi google adsense adalah situs perantaranya. Google memotong Rp 200,- per klik karena sudah berjasa mencarikan pengiklan. Kurang lebih begitu prosesnya. Namun saat ini Google Adsense tidak mengijinkan lagi blog untuk dipasangi iklan Adsense.

Harus Blog berlevel top domain yang bisa. Misalnya : .com .co.id .org .edu dsb. Itu juga belum menjamin diterima atau enggaknya. Sekarang Google lebih menyeleksi ketat terhadap member-membernya. Tidak hanya Google, progam PPC Internasional yang lain pun juga sama ketatnya. Oleh karena itu bagi anda yang tidak di terima saat mendaftar di Google Asdsense, saya akan memberikan referensi progam PPC lokal yang lebih longgar dalam peraturanya, iklanya dalam bahasa indonesia, dan Proses Pay Out-nya pun mudah.

PPC lokal ini cukup menjanjikan, dengan bayaran minimal Rp. 300,- / Klik, cukup banyak para bloger yang memasang PPC ini di blog nya, lumayan buat jajan sehari-hari atau beli rokok kalau belum di nyatakan haram oleh MUI :)

Altenatif lain untuk PPC lokal yang lumayan ini dengan tidak ada syarat khusus untuk join di jaringan iklan ini. Karena saat join kita akan langsung mendapat deposit Rp.5000.- yang bisa digunakan untuk memasang iklan atau jadi Advertisernya.Jadi jika ada yang ingin mencoba silahkan…

Tampilan iklannya paling mirip dengan Adsense . nilai kliknya kira-kira 300/klik lumayan. Kayanya bisa masuk pertimbangan, dilihat dari tampilan dan lokasi si pengelola bisa dibilang cukup berpengalaman dalam bidang iklan, jadi mungkin bisa di percaya. mudah-mudahan deh kita doa kan bersama.
Jaringan iklan lokal yang cukup menarik karena komisi dibayar perminggu. cukup mengumpulkan Rp.10000/minggu, earning akan ditransfer. dikhususkan bagi situs yang berpengunjung 1500 UV (unik Visitor) per hari. Kesimpulannya PPC ini bagus buat situs/blog yang pengunjungnya selalu berganti2 setiap hari. Agak susah saat mau pasang kodenya. selain ada syarat2 tertentu, Juga harus menunggu approval. terus ada tingkatan harga perkliknya, bagi web atau blog yang bagus alexa rank nya akan semakin besar penghasilnnya.
Ini satu lagi PPC lokal yang ada tapi sayang nya masih sedikit yang jadi pemasang iklan dan penerbit, kalau tidak salah Rp.100,- / klik ,kita tunggu aja perkembangannya.
Ada banyak PPC lokal yang masih belum saya sebutkan. Situs PPC diatas adalah situs yang saya rekomendasikan yang paling baik menurut saya. 

Nah, buat kalian yang tertarik menjalankan bisnis advertising di internet, Silahkan mencoba. Semoga tulisan saya bisa menginspirasi Anda :)

4 comments:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat....
    sangat menambah pengetahuan saya tentang Blog, apalagi saya blogger pemula

    ReplyDelete
  2. nice info gan

    http://bebasbayarbonus.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. info yg sangat berguna gan. tks
    http://lelangmobiltahun90an.wordpress.com

    ReplyDelete