bersama Vincent Kristiagung. .

AISAS, Konsep Marketing Baru

with 13 comments
Alur interaksi antara konsumen dengan brand/product sebelumnya dikenal secara umum melalui alur AIDCA (Atention - Interest - Desire - Conviction - Action). Namun kehadiran internet telah merubah paradigma konsumen, sehingga Dentsu memperkenalkan AISAS sebagai pola baru interaksi antara konsumen dengan produk atau brand.



Sebelum Anda membaca artikel ini, DIWAJIBKAN agar Anda membaca artikel AIDCA, konsep marketing lama terlebih dahulu agar pemahaman Anda jelas.

AISAS adalah kepanjangan dari Atention - Interest - Search - Action - Share.


Atention adalah membuat iklan yang mampu menyita perhatian. Sebuah produk pasti harus diperkenalkan kepada target marketnya. Perkenalan itu bisa dilakukan melalui berbagai bentuk kegiatan komunikasi marketing (above the line maupun below the line) dan Public Relation. Iklan bisa berbentuk banner atau teks yang telah dibuat sedemikan rupa dengan tujuan agar pengunjung yang melihat iklan tertarik untuk berkunjung ke website kita untuk kemudian di buat menjadi lebih interest lagi.  Jasa pemasangan iklan yang paling sering digunakan adalah iklan PPC. Salah satu jaringan pengiklan terbesar hingga saat ini adalah google AdWords.

Interest adalah proses berikutnya, calon konsumen tertarik dengan produk kita. Ketertarikan itu bisa terjadi karena memang komunikasi yang tepat bagi calon konsumen. Sebagai tambahan, di era internet ini, ketertarikan ini bisa juga terjadi apabila konsumen merasa tertarik dengan informasi yang terpapar di website kita, sehingga bagaimana menyusun sebuah website yang sesuai dengan tujuannya serta membangun pengalaman yang tepat, nyaman, dan menyenangkan saat orang menggali informasi di website juga bisa meningkatkan ketertarikan konsumen pada produk.
Selain website, ebook dan email marketing juga merupakan alat sangat baik untuk membuat seseorang menjadi bertambah Interst terhadap produk kita.

Search ini merupakan berkah bagi konsumen dengan adanya Google, sebelum mengambil keputusan, maka konsumen akan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya lewat search engine. Product review, tulisan di blogs, website-website lain, milist, dan semua informasi akan terpampang dengan jelas di Google, inilah yang membantu konsumen untuk mengambil keputusan. Hal ini juga sejalan dengan data riset yang saya miliki bahwa internet user di Indonesia menganggap internet adalah jenis media nomer 1 yang membantu mereka dalam mendapatkan informasi dan juga dalam mendukung keputusan pembelian (dalam 2 fungsi tersebut, ternyata internet mengalahkan semua jenis media lain).


Action adalah tindakan konsumen, disinilah the real experience tercipta. Proses interaksi langsung antara konsumen dengan sales channel kita, transaksi, delivery, konsumsi, hingga after sales service merupakan satu kesatuan pengalaman yang benar-benar harus senantiasa dijaga agar sesuai bahkan melebihi ekspektasi dari konsumen.


Share adalah hasil setelah konsumen merasakan semua pengalaman interaksi mereka dengan produk/brand, mereka akan membagi pengalamannya kepada orang lain melalui testimoni, email, chat, blogs, mailist, online forum, dan lain-lain. Sehingga pengalaman baik ataupun buruk akan mudah tersebar ke banyak orang, dan juga akan terendus oleh search engine.

Dari proses tersebut diatas, maka semua brand owner maupun pemilik produk mesti mengasah lagi pisau kreatifitasnya dalam menyikapi perubahan paradigma konsumen tersebut. Dan begitu banyak peluang dan juga tantangan yang mesti disiasati.

Sekarang kita bandingkan kosnsep ini dengan AIDCA, Konsep Marketing Lama.

Yang membedakan konsep marketing baru ini adalah munculnya Search dan Share

Mengapa bisa muncul? 

Jawabanya adalah Perkembangan zaman di era e-lifestyle (gaya hidup digital). Munculnya Internet memudahkan seseorang mencari segala bentuk jenis informasi dengan mudah. Pada konsep ini, Desire dijadikan satu dengan Interest. Sedangkan Conviction (rasa percaya) dapat diperoleh seseorang setelah melakukan search (pencarian) dahulu yang didapat dari orang lain yang telah share (membagikan) pengalamanya.

Nah peran sebuah iklan sebenarnya hanya pada Atention dan Interest saja. Tidak lebih. Sedangkan Search dan Share adalah yang memicu terjadinya word of mouth (komunikasi dari mulut ke mulut) versi online.

13 comments:

  1. obat gatal berair dan bernanah berair dan bintik merah gatal gatal

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru tau kalau ada konsep baru, memang sih dalam dunia marketing itu strategi dan tekniknya sangat luas, apalagi saat ini sudah memasuki era bisnis online jadi harus tetap mengupdate pengetahuan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi semua

    ReplyDelete
  3. Insightful! Thanks

    ReplyDelete
  4. nice info gan

    http://bebasbayarbonus.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    �� Livechat Casinobet77
    �� whatsapp : +85599495431
    �� PIN BBM : D6235F1C
    �� Wechat : casinobet77cs1
    �� Line : casinobet77
    �� skype : casinobet77
    www.cbola88.com
    www.casinobet77.asia
    www.prediksibolabet77.com

    ReplyDelete
  7. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    �� Livechat Casinobet77
    �� whatsapp : +85599495431
    �� PIN BBM : D6235F1C
    �� Wechat : casinobet77cs1
    �� Line : casinobet77
    �� skype : casinobet77
    www.cbola88.com
    www.casinobet77.asia
    www.prediksibolabet77.com

    ReplyDelete
  8. Blognya bagus tapi sayang sekali tidak ada referensinya :)

    ReplyDelete
  9. Yuk Gabung di IDRBET77.com
    Min.depo Rp.100.000
    Bonus Member baru 20%
    Bonu Harian 10%
    Aman & Terpercaya hanya di
    IDRBET77.com

    ReplyDelete
  10. Artikel yang sangat keren dan membantu sekali !! Terima kasih telah membagikan informasi yang sangat bagus :) !
    Jangan lupa untuk membaca artikel yang bermanfaat, klik disini untuk membaca artikel lain :).

    ReplyDelete