bersama Vincent Kristiagung. .

Diferensiasi, Membuat Hal yang Berbeda

with 7 comments
Diferensiasi, Membuat Hal yang Berbeda - Seekor rusa tengah haus mendatangi genangan air di tengah hutan. Ketika hewan itu membungkuk untuk minum, ia melihat patulanya di genangan itu dan berkata, "Tanduk-tandukku membuat aku berbeda dari kebanyakan hewan lain di hutan ini.

Andai saja bagian lain dari tubuhku dibuat sama bagusnya. Kaki-kaki yang kurus dan kuku-kuku yang kecil ini tidak cocok dengan hiasan kepala yang begitu indah ini." Di saat rusa sibuk mengagumi dirinya, sebuah anak panah melesat di samping kepalanya. Serta merta, ia berlari dan bersembunyi di antara semak belukar.

Tak lama, ia mengulurkan lehernya, melihat apakah musuhnya itu sudah pergi. Sayangnya tanduknya tersangkut di sebatang pohon. Ia meronta kesakitan. Mendengar suara itu, si pemburu akhirnya menemukan dan menembakkan anak panahnya ke tubuh rusa. Menjelang ajalnya, rusa mengatakan kata-kata penyesalan, "Aku keliru, Aku membenci kedua kakiku yang menyelamatkan jiwaku, tapi malah mencintai kedua tandukku yang justru mencelakakan aku."


Hanya segelintir orang menghargai hal-hal yang paling berguna bagi mereka. Sebagai pebisnis online, apakah Anda tahu di mana letak keunikan produk Anda? Apakah Anda tahu kelebihan barang Anda dibanding pesaing Anda? Kita perlu perlu tahu hal tersebut, karena itulah yang menjadi pembeda antara kita dengan yang lain. Bila saat ini kita belum mengerti benar apa diferensiasi kita, kita bisa membuat diri kita berbeda dari pesaing lain kita melalui berbagai cara.

Dari bahan mentah, merek Steinway hanya menggunakan kayu terbaik untuk pianonya. Michelin menggunakan karet berkualitas tinggi untuk bannya. Dari segi distribusi, Catepilar, Inc. memiliki lebih banyak dealer dibanding perusahaan lain di industri itu. Cakupan geografis ini memberik keuntungan lebih banyak baginya. Dari segi prestise, orang membeli jam Rolex, Apple, Hermes, karena mereka menginginkan citra yang disandang oleh produk-produk ini. Membuat hal yang berbeda memang sulit, namun perusahaan yang mengerti hal ini lalu menerapkannya adalah perusahaan yang paling kecil kemungkinannya untuk berakhir seperti rusa itu.

7 comments:

  1. berbeda = memiliki nilai lebih, samakah ?

    ReplyDelete
  2. @BikinHoki:Kalau diterjemahkan satu per satu, tentu saja artinya berbeda :)

    Namun, dalam pembahasan kita kali ini, sebenarnya kita berbicara tentang Unique Selling Proposition.

    Misalkan saya adalah satu-satunya anggota kelompok yang pintar menyanyi, maka nilai tambah saya sangat tinggi, karena yang lain tidak pandai menyanyi. Tapi jika saya (yang pandai menyanyi ini) berada di lingkungan orang yang sama-sama penyanyi, maka saya tidak memiliki nilai tambah lagi. Saat inilah keunikan perlu. Saya harus mempunyai gaya, bentuk dan cara menyanyi yang berbeda agar berprestasi dan menonjol.


    Menurut saya berbeda (unique) dan nilai tambah (add value) adalah hal yang serupa tapi tak sama.

    Nilai tambah adalah sebuah tujuan. Sebenarnya agar kita mempunyai nila tambah, kita harus memiliki sesuatu yang berbeda.

    Sesuatu dapat dikatakan mempunyai nilai tambah apabila sesuatu tersebut berbeda. Apabila kita mempunyai nilai tambah namun nilai tambah tesebut juga dimiliki oleh pesaing-pesaing kita, apakah kita masih bisa disebut memiliki nilai tambah?

    Lalu, mengapa kita harus memiliki nilai tambah?

    Tentu saja untuk memenagkan kompetisi dan menentukan positioning.

    Sama-sama makan di restoran, mana yang harus kita pilih. makan di restoran yang biasa atau yang mempunyai nilai tambah?

    Tentu saja yang memiliki nilai tambah bukan :)

    Lalu, seperti apakah contoh nilai tambah di restoran?

    Ya mungkin harganya yang paling murah dintara pesaing-pesaingnya atau mempunyai jenis masakan yang jarang di jumpai di Indoneia (sangat di sukai penggemar kuliner yang mudah bosan). Hal inilah yang akan menentukan segmentasi, targeting dan positioning (STP marketing) produk kita.

    ReplyDelete
  3. Yang Berbeda Justru Paling Dicari, Punya Inovasi Dan Unik.
    Terimakasih Infonya, Sangat Menarik.


    Magna Transforma
    Konsulting Manajemen

    ReplyDelete
  4. @Konsultan BisnisBenar sekali, kalau kita tidak punya keunikan, apa yang bisa membuat prospek lebih memilih kita?

    ReplyDelete
  5. Intermesonya menarik, artikelnya juga unik
    Saya tidak menilai pada pesan yang disampaikan oleh artikel tersebut
    Tetapi tertarik dengan cara penyampaiannya.

    salam kenal ..

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya gan, sangat menarik.

    SAYA JUGA MAU BAGI KABAR GEMBIRA.... LOWONGAN BISNIS
    ANDA MAU BISNIS YANG BENAR2 DAHSYAT, TIDAK PERLU CARI MEMBER/ DOWNLINE, CUMAN SEBAR FORMULIR PENGUNJUNG,
    COCOK UNTUK SEMUA UMUR DAN KALANGAN, PELAJAR, MAHASISWA SAMPAI IBU RUMAH TANGGA.
    100% HALAL DAN BUKAN SCAM. SATU2NYA BISNIS dg BAYARAN PALING MAHAL.
    untuk INFO LEBIH LANJUT, SILAHKAN

    BUKA LANGSUNG DISINI
    atau
    KLIK DISINI

    hubungin : abimanyubaladewa212@gmail.com

    ReplyDelete
  7. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

    ReplyDelete