bersama Vincent Kristiagung. .

Pelajaran Berharga dari Bob Sadino

with 1 comment

Beberapa waktu yang lalu, progam acara TOKOH di TV One menayangkan eposide spesial kisah tentang  perjalanan panjang Bob Sadino dari awal sampai sukses seperti sekarang.  Banyak perbincangan menarik yang sangat menginspirasi agar kita melangkah lebih maju. Sangat di sayangkan apabila kita hanya melewatinya begitu saja. Oleh karena itu saya akan men-sharing-kan kembali. Ada beberapa poin penting yang bisa kita ambil dari ucapan-ucapan Bob Sadino yang patut kita renungkan. 


Berikut ini adalah gambaran besar beberapa pertanyaan yang diajukan kepada Bob Sadino:

1. Apa rahasia anda sampai bisa sukses seperti sekarang?


Jawaban om Bob:

Saya tidak tahu sukses itu apa. Saya tidak pernah berencana untuk sukses. Saya hanya melangkah dan terus melangkah. Saya tahu setiap langkah yang saya jalani ada resiko nya. Saya tidak pernah takut sama resiko tersebut. Bagi saya kesuksesan hanya sebuah titik kecil di puncak gunung kegagalan. (baca artkel : Keep on Moving)

2. Tapi kan manusia harus mempunyai tujuan dan rencana dalam hidup atau bisnis?

Jawaban om Bob:

Itu adalah menurut anda. Kalau menurut saya tidak. Saya dalam hidup tidak pernah mempunyai tujuan, dengan tidak mempunyai tujuan, maka saya tidak berencana, dengan tidak berencana, maka saya tidak kecewa jika saya gagal. Itu karena saya tidak ada target atau ambisi yang harus dikejar. Saya hanya melangkah sesuai kemana saya ingin melangkah.

3. Bagaimana cara nya sebuah bisnis yang kecil bisa menjadi besar?

Jawaban om Bob:

Ada 2 hal yang membuat bisnis menjadi besar, yaitu:
Anjuran dari pelanggan
Lakukan cross selling merchandise
Ajuran dari pelanggan akan membuat bisnis kita menjadi besar. Dengan selalu menyempurakan apa yang sudah kita jalani, maka suatu saat bisnis itu pun akan menjadi besar.

Cross selling merchandise adalah, kita ibarat kan mempunyai sebuah warung. Anda menjual sayur di warung anda. Maka kita harus memikirkan barang lain yang sekiranya dibutuhkan. Orang membeli sayur pastilah ingin membuat sebuah masakan tertentu, orang masak pasti butuh garam, orang masak pasti butuh bawang, orang masak pasti butuh cabai, bahkan orang masak pasti butuh ulekan. Cara membuat sebuah bisnis menjadi besar adalah dengan mengadakan satu persatu barang lain yang sekiranya dibutuhkan untuk memproses barang utama kita menjadi sesuatu yang berguna.

Dengan kata lain, kita harus bisa membuat bisnis kita sebagai ONE STOP SOLUTION. Kalau bahasa prokem nya PALU GADA (APA YANG LU MAU, GUA ADA).

Dari pembicaraan yang dilakukan oleh pembawa acara dengan Bob Sadino dari awal sampai habis, saya bisa ambil kesimpulan:

Bob Sadino memiliki insting bisnis yang luar biasa, beliau mampu melihat peluang sekecil apapun. Beliau mampu melakukan HAL YANG TEPAT DI WAKTU YANG TEPAT.

Tentunya hal ini tidak serta merta bisa dicapai. Semua butuh perjuangan. Harus siap dengan resiko. Jadikan resiko itu sebagai sahabat kita, bukan hal yang harus ditakuti. Seperti yang Bob Sadino katakan: “Kesuksesan itu hanyalah sebuah titik kecil di puncak gunung kegagalan.”

Oia satu lagi, ada yang saya lupa. Bob Sadino mengatakan:

“SETIAP ORANG YANG SUKSES PASTI PERNAH GAGAL. SETIAP ORANG YANG SUKSES HARUS GAGAL TERLEBIH DAHULU”.

Ya. . tidak bisa kita pungkiri. . memang benar. . faktanya adalah seperti itu. .

Seorang pembalap yang hebat tidak akan menjadi expert jika belum pernah tabrakan. Agak rancu memang, tapi faktanya, semua pembalap pasti pernah tabrakan. Entah dengan mobil,  pagar, atau apapun itu :) 


Semoga artikel ini bisa menginspirasi kita kedepan nya :)  




1 comment:

  1. nice info gan

    http://bebasbayarbonus.blogspot.co.id/

    ReplyDelete