bersama Vincent Kristiagung. .

Bisnis Online : Harus Punya website?

with 1 comment
Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke tempat pengiriman paket kilat. Saya pun terkagum-kagum pada seseorang yang mengirimkan "Setumpuk" produk kecantikan yang akan dikirim ke beberapa tujuan. Setelah saya coba tanya-tanya ternyata orang tersebut berjualan online dengan media facebook. Hmmm. . Luar Biasa!

Apakah untuk berbisnis online kita harus punya website? 

Tidak seperti dulu, pertanyaan ini sekarang cukup berat untuk dijawab.




Munculnya situs Jejaring Sosial, Forum Jual beli, Webite Market Place (seperti : tokobagus.com, berniaga.com, bejubel.com, dll) menjadi permasalahan utamanya. Sekarang banyak sekali cara untuk berbisnis online tanpa harus membuat website. Lihat saja salah satu fasilitas dari website market place yang saat ini sedang naik daun, siapa lagi kalau bukan bejubel.com? Di bejubel.com anda bisa membuat toko online sendiri dengan fitur "buat toko" yang disediakan. Anda pun akan segera dapat calon pembeli dengan mudah karena trafik yang dihasilkan oleh website tersebut bisa mencapai ribuan per harinya.

Bandingkan apabila anda membuat website/blog? butuh berapa lama persiapanya? untuk menyusun lay out, mengedit HTML/Javascript, membuat Header, belum juga termasuk optimasi SEO dan mengupdate konten. Butuh berapa lama agar website dapat menghasilkan trafik pengunjung puluhan hingga ratusan per hari? Saya berani taruhan minimal butuh 1 Tahun bos! Kecuali jika anda punya uang ekstra untuk membayar pakar SEO agar mengoptimasi situs anda supaya masuk di halaman pertama SERP Google. Itu juga kalau pakar SEO-nya mampu :p (tahu sendirikan algoritma Google yang berubah-ubah? :D)

Apakah kita tidak perlu membuat website lagi? 
Bukan itu jawaban yang tepat. Kita masih sangat butuh dan memerlukan website/blog untuk berbisnis. Jika kita bisa membangun website dengan dengan baik, maka hasil yang didapat pun bisa lebih luar biasa jika dibandingkan anda berjualan "Nitip di toko orang lain". Dengan mempunyai website, Tentunya akan terlihat  profesional, berkredibelitas dan menambah kepercayaan kepada calon pelanggan baru.

Saran saya, coba keduanya
Begini, untuk langkah pertama silahkan anda membuat website/blog terlebih dahulu. (Rekomendasi : Blogger/blogspot) Buatlah website anda dengan tampilan yang bersih, elegan namun tetap terlihat profesional. Jangan hanya mengandalkan template default yang ada (apalagi membuat sendiri, bisa-bisa anda tidak jadi berbisnis online, :p kecuali anda seorang progamer)  namun cari template yang SEO friendly dan visitor friendly. Download saja di internet. 

Ubahlah tampilan website anda agar terlihat lebih keren namun jangan terlalu norak. Memang untuk mengedit template, dibutuhkan sedikit keahlian dalam bahasa pemrogaman HTML atau PHP. Namun tenang saja, di Google banyak tersedia tutorialnya. Tinggal copas, beres :)

Mudah kok.

Catatan : Jangan berfokus kepada produk yang anda jual, namun fokuslah kepada pengunjung anda terlebih dahulu.

Sebagus apapun produk yang anda jual, jika tidak ada orang yang datang ke toko anda, itu akan sia-sia. Silahkan pelajari artikel-artikel tentang SEO (Search engine Optimization) agar website anda mampu menjadi nomer satu di Google. Update konten anda dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan produk/jasa yang nanti akan anda jual supaya nanti anda bisa mendapatkan pengujung dengan target market yang benar. Setelah cukup banyak pengunjung nanti, anda bisa mengarahkan artikel anda menuju ke halaman khusus yang telah anda buat sebelumnya untuk menawarkan produk/jasa anda.

Langkah kedua, selagi anda sedang  mempersiapkan website, sekarang saatnya berjualan di "toko orang lain". Bisa lewat Jejaring sosial, forum jual beli, website market place, atau apa pun selama masih menggunakan world wide web anda masih bisa melancarkan bisnis anda. Perlu di Ingat : jangan lakukan SPAM-ing. Cantumkan juga alamat website yang anda buat tadi supaya website anda juga mendapatkan pengunjung. 

Jangan berhenti di situ, kita juga perlu belajar lebih dalam lagi tentang internet marketing agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Dan terakhir, Saatnya menunggu keberuntungan :)

1 comment: