bersama Vincent Kristiagung. .

10 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online

with 1 comment
Layaknya sebuah bisnis di dunia nyata, jika kita menjalankan bisnis tanpa persiapan sama sekali  hasilnya pun tidak akan maksimal bahkan berakibat kehancuran dan keterpurukan.
Begitu juga dengan bisnis online. 

Banyak yang tidak menyadari faktor ini. Parahnya lagi, ada juga orang-orang yang  "hanya" terbawa oleh perasaan emosional setelah membaca suatu website atau ebook dengan iming-iming "cepat kaya" tanpa merasa perlu berusaha, padahal mereka buta sekali dengan dunia bisnis online. Ya, padahal sudah suatu kewajaran kalau bahasa marketing terkadang memang terlalu melebih-lebihkan produknya. Bukankah semua iklan di TV juga seperti itu? 




Lalu, apakah berita kalau bisnis online itu bisa mendatangkan kekayaan itu hoax?
Tidak juga. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa bisnis online adalah ladang potensial yang mampu mendatangkan sumber penghasilan yang melimpah. Satu-satunya alasan mengapa para pebisnis online gagal karena kurangnya persiapan dan kebutaan tentang bisnis online.  

Apa saja persiapanya?
Ok, Saya akan sedikit uraikan apa saja yang harus dipersiapkan oleh pebisnis online baru. 

1. Punya komputer/Laptop yang terkoneksi Internet. 
Bagaimana mungkin anda bisa menjalankan bisnis online kalau tidak mempunyai komputer yang terkoneksi internet? Ibarat Sepak bola tanpa bola bukan? Inilah yang menjadi senjata utama anda nantinya.  
Saya mengenal seorang kawan yang mempunyai pendapatan per bulanya antara Rp. 300.000,- s.d Rp.600.000,- hanya dengan memanfaatkan Hot spot area/ Wifi gratisan dan laptop.

2. Pahami pengertian tentang bisnis online dan pelajari macam-macamnya.  
Bisnis online sangatlah banyak. Mulai dari PPC (Pay per Click), PTC (Paid to Upload), Affiliasi/Reseller progam, online trading, domain fliping, jualan produk, dll. Anda bisa belajar di Gubuk Bisnis untuk mengaetahui tentang macam-macam bisnis online. 

3. Fokuslahlah di salah satu jenis bisnis online saja. 
Saya akan ilustrasikan seperti berikut: Jika anda menghancurkan sebuah tembok dengan sebuah Palu, manakah yang lebih cepat hancur? yang memukul dari satu titik atau yang memukul dari banyak titik? Tentu jawabanya dari yang satu titik! Jika anda hari ini mencoba berbisnis affiliasi, kemudian besoknya mencoba bisnis "Pay per Click". Lalu, tanpa sengaja minggu depannya membaca Success stories dari seorang pebisnis "Paid to Click" kemudian tertarik dan mencobanya, besoknya ganti lagi dengan binis CPA setelah membaca ebook tentang CPA (Cost per Action) yang mungkin mampu menghasilkan uang lebih buat anda, kemudian lagi dan lagi. . 
Remember : Pilih satu yang anda rasa paling sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang anda miliki. 

4. Mempunyai kemampuan penggunaan komputer dan Internet.
Tidak ada bisnis online manapun yang bisa dilakukan tanpa mengerti tentang komputer dan internet. Jadi, kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet secara umum mutlak dibutuhkan. Anda harus tahu cara menggunakan browser, harus tahu cara membuat dan menggunakan email, harus tahu cara membuat situs yang paling sederhana (dengan menggunakan layanan penyedia blog gratis misalnya), dan sebagainya. Lebih baik lagi, bekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat teknis, seperti pemahaman tentang bahasa HTML. 

5. Punya waktu khusus
Sama seperti bisnis konvesional pada umumnya, anda harus konsisten menjalankan bisnis setiap hari. Tidak sekedar punya produk, bikin website, tinggal, lalu punya uang XD. Yeah, semua butuh komitmen dan kesabaran.
Tidak harus selalu menghabiskan waktu di depan komputer berjam-jam sehari, namun cukup dengan minimal 1-2 jam per hari yang penting selalu konsisten dalam menjalankannya. Remember : Time is Money! 

6. Punya rekening Bank atau kalau perlu kartu kredit.
Segala jenis transaksi online biasanya dilakukan via transfer rekening atau Cek dari Bank. Bagaimana anda dapat menerima uang kalau tidak mempunyai rekening bank? Apalagi jika melakukan transaksi dari luar negeri (ini sangat memungkinkan sekali, ini kan bisnis online?) setidaknya anda membutuhkan kartu kredit untuk membuat dan verifikasi akun paypal (alat pembayaran online) anda. 

7. Mampu menggunakan Bahasa Inggris.
Karena harus berurusan dengan komputer dan internet, mau nggak mau anda akan menemui banyak istilah dalam bahasa inggris. Bahkan mungkin full English. Apalagi jika membidik pasar internasional. Kemampuan menggunakan bahasa inggris mutlak harus dikuasai. Setidaknya secara pasif. 

8. Mental yang Cukup kuat.
Jika sejak awal sudah tidak mempunyai kemauan untuk menjalankan bisnis online, atau hanya tergiur dengan istilah "duduk, diam, dapat duit" lupakan tentang bisnis online. Dalam menjalankan bisnis online dibutuhkan kesabaran, keuletan, tekad dan pengorbanan yang besar untuk menjalankannya. Jika anda tidak bersiap untuk ini, katakan see ya! 

9. Bersiaplah untuk gagal. 
Jangan khawatir apabila anda mengalami kegagalan. Hampir 100% pebisnis online pernah mengalaminya. Jadi bersiap sajalah apa pun resikonnya. Kehilangan uang, waktu, tenaga, dan pikiran adalah hal yang wajar. Sebenarnya tidak ada istilah gagal di hidup ini. Satu-satunya penyebab kegagalan adalah orang itu sendiri yang menggagalkan dirinya sendiri. Jika anda merasa tidak "gagal", itu tidak akan terjadi. Yang ada bukan gagal, namun belum berhasil :) (baca artikel : Keep on Moving)

10. Praktek dan jangan pernah berhenti belajar.
P-R-A-K-T-E-K. Kata ini tidak semudah apa yang dituliskan. Pada kenyataannya banyak calon pebisnis online yang hanya bisa baca sana-sini, cari info sana-sini, belajar sana-sini, namun tanpa melakukan PRAKTEK. Katanya sih masih bingung. .  Yah, kalau anda tidak segera mencobanya, anda akan semakin bingung. .  Seperti halnya berlatih berenang, jika anda membaca teori saja namun tanpa praktek nyebur ke kolam renang langsung apakah dijamin bisa berenang?
No Action. no Money. Praktekan segera mungkin segala sesuatu yang telah anda pelajari  agar cepat megetahui hasilnya. Jangan lupa lakukan evaluasi tiap minggu, dan cari tahu apa letak kekurangannya dan segera perbaiki kesalahannya. 
Motto : Hari ini harus lebih baik dari hari esok, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini :)

Saya kira cukup 10 hal itu saja dulu, mungkin ada yang mau menambahkan? :D

1 comment:

  1. nice info gan

    http://bebasbayarbonus.blogspot.co.id/

    ReplyDelete