bersama Vincent Kristiagung. .

Belajar dari Orang Lain

with 1 comment
Belajar dari Orang Lain - Peter Daniels disebut-sebut sebagai "Donald Trump"nya Australia. Tak lain karena ia termasuk jajaran orang kaya yang sukses di negara itu. Luar biasanya, ia juga melayani ke gereja-gereja, khususnya di seminar dan pelatihan bisnis. Suatu saat, ia pernah ditanya apa resep suksesnya. Ternyata salah satu cara yang ia tempuh adalah bahwa dia sudah membaca sekitar 8000 biografi orang-orang sukses di dunia ini. Membaca biografi pun bisa di ibaratkan dengan bergaul dengan orang-orang sukses tersebut, meski hanya lewat tulisan.



Kita mungkin tidak memiliki kesempatan bertemu tokoh-tokoh hebat di dunia ini. Kita mungkin belum tentu dalam seumur hidup bisa bertemu Barack Obama, bertukar pikiran dengan Bill Gates, atau bertatap muka dengan Donald Trump. Tetapi dengan membaca buku-buku tulisan mereka, kita bisa menyelami ide-ide, pola pikir dan siapa mereka. Saya pun mengalami perubahan pandangan keuangan ketika membaca buku "Rich Dad Poor Dad" karya Robert T. Kiyosaki. Saya juga beberapa kali mengikuti seminar Tung Desem Waringin tanpa berkesempatan berbincang-bincang secara personal dengannya. Namun, dengan membaca tulisannya, cara berpikir saya pun bisa diubahkan.

Robb Thompson mengatakan bahwa kualitas hidup kita juga sangat ditentukan dengan siapa kita menghabis waktu-waktu hidup kita. Kiat Peter Daniels tadi pun sangat tepat. Di zaman sekarang, kita bahkan bisa "bergaul" dengan orang-orang hebat yang telah mendahului kita. Membaca buku-bukunya, mencari artikel atau tulisannya di internet, menyimak rekaman audio visualnya (jika ada), dll. Sebagai seorang profesional dan pebisnis online tentu ingin kehidupan kita bertumbuh, karier kita menanjak dan situs yang kita kelola makin maju, meski kita masih banyak sekali kelemahan. Namun, saat kita belajar dari kehidupan orang lain, kita bisa lihat walau kadang jalan sukses itu terlihat susah dilewati, faktanya sudah ada orang-orang yang pernah melewatinya. Artinya, jalan itu benar-benar dilewati bukan?

Di Indonesia cukup banyak internet marketer sukses yang telah menulis artikel, ebook, audiobook dan video yang sangat mudah dijumpai di internet baik yang berbayar maupun yang gratis. Pertanyaanya adalah

Apakah Anda bersedia membaca bahkan membeli tulisan-tulisan mereka?

1 comment: